Sabtu, 22 Juni 2013

Festival Anak Sholeh dan Sholehah Indonesia (FASI)

FASI

        Festival Anak Shaleh dan Sholehah Indonesia (FASI) Kota Banda Aceh yang diselenggarakan tanggal 16 -19 Juni 2013 di Masjid Agung Lamprit. FASI merupakan sebuah ajang lomba mencari kader-kader berbakat dalam berbagai bidang ke agamaan, FASI juga merupakan ajang prestasi sekaligus melatih santri dengan bakat dan kemampuan masing-masing dan FASI juga merupakan ajang silaturrahim ustad/zah seluruh TPA yang ada di Kota Banda Aceh.
Masjid Al-Makmur
Tahun 2013 ini masjid Oman atau Masjid Agung Al-Makmur Lamprit sebagai tuan rumah penyelenggeraan FASI setelah sebelumnya pada tahun 2012 FASI diselenggarakan di Masjid Jami' Lueng Bata. 
Masjid Al-Makmur Lampriet yang didirikan pada tahun 1979 oleh masyarakat setempat yang kemudian pada tahun 2004 pasca tsunami mengalami kerusakan dan pembangunan kembali oleh pemerintah Oman. Masjid ini menjadi salah satu masjid termegah dan indah di pandang mata yang seluruh coraknya mengikuti luar negeri.  maka, tidak salah fasi tahun ini jatuh di masjid Oman.

       Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE, Minggu 16 Juni 2013 bertempat di halaman Masjid Agung Al-Makmur Bandar Baru Banda Aceh membuka kegiatan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) tingkat Kota Banda Aceh tahun 2013. Dalam sambutannya Illiza mengharapkan kegiatan ini dapat membentuk karakter anak menjadi anak-anak yang berakhlakul karimah dan beramal saleh.
Sementara itu Kabag Keistimewaan Zahrol Fajri S.Ag MH yang didampingi Kasubbag Sosial Kemasyarakatan M Zaki Almubarak mengatakan tujuan kegiatan FASI ini antara lain sebagai media evaluasi kualitas santri yang selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran. Dikatakannya, FASI merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).

Kegiatan ini, katanya, diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI) Kota Banda Aceh.

Adapun cabang lomba tahun ini yang diperlombakan adalah sebagai berikut :

TKA
1. Tartil Al Qur’an
2. Adzan dan Iqomah
3. Lagu-lagu Islami (Nasyid)
4. Ikrar dan Puitisasi Terjemahan Al-Qur’an
5. Cerdas Cermat Al-Qur’an
6. Mewarnai Gambar
7. Pidato Bahasa Indonesia

TPA
1. Tartil Al Qur’an
2. Adzan dan Iqomah
3. Lagu-lagu Islami (Nasyid)
4. Ikrar dan Puitisasi Terjemahan Al-Qur’an
5. Cerdas Cermat Al-Qur’an
6. Mewarnai Gambar
7. Pidato Bahasa Indonesia

TQA
1. Tilawah Al-Qur’an
2. Hafalan (Tahfidz) Juz’Amma
3. Tarjamah Lafdziyah
4. Cerita Islami
5. Kaligrafi
6. Pidato Bahasa Arab
7. Pidato Bahasa Inggris
8. Pidato Bahasa Indonesia



FASI tahun 2013 ini diikuti oleh 50 TPA se kota Banda Aceh dan para pendaftar mencapai 1.400 an orang. (menurut data panitia Fasi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukkan pesan atau komentar yang baik-baik ya..

Google+ Badge